:: Dialog ringan tapi berat isinya ::

Diposting oleh Arifin27 pada 08:07, 31-Okt-12  •  Komentar (0)

Masih suka ikut2an tatacara dan peribadatan agama lain...??

Simulasi percakapan ringan khusus membahas mereka yang masih suka ikut2an dalam beribadah.

***************

A (orang kristen) : "Kenapa kalian selalu ngikutin kami sih..??"
-

B (orang muslim) : "Ngikutin apa? Kami tidak merasa ngikutin kalian kok..??"
-

A : "Gak merasa? Coba diperhatikan, kami merayakan Hari Ulang Tahun Yesus (atau Maulidnya Nabi Isa), lalu kalian ikut2an merayakan Maulid Nabi Muhammad?! Kami juga merayakan hari kenaikan Isa al Masih (diangkatnya Nabi Isa ke langit), kalian ikut2an merayakan hari Isra Mi'raj (naiknya Nabi Muhammad kelangit)?! Kami merayakan Tahun Baru Masehi milik kami,kalian juga merayakan tahun baru hijriyah milik kalian?! Kami beribadah dengan bernyanyi dan bermain alat musik, kalian juga sekarang mulai beribadah dengan bernyanyi-nyanyi membaca shalawat/dzikir dengan alunan musik?!
-

C (orang Hindu) : "Iya nih...! Kalian (orang muslim) juga banyak yang ngikutin perayaan acara kami lho....."
-

A : "Lho...lho...apalagi ini? Siapa yang ngikutin?"
-

C : "Lihat saja, acara nujuh bulanan bagi wanita yang hamil itu kan asalnya dari kami orang Hindu. Begitu juga Selamatan Kematian selama 7 hari, 40, 100 s/d 1000 hari itu semua adalah acara kami, lalu kalian mengikutinya....."
-

B : "Enak saja ngaku2! Yang ngikutin itu kalian semua, orang Kristen dan orang Hindu pada ngikutin kami semua..!!"
-

A : "Eh... Mbok dipikir dulu kalo bicara ya.... Emang duluan siapa agamanya? Agama Islam yang dibawa Nabi Muhammadbaru ada sekitar 1400 tahun yang lalu. sedangkan agama kami Nasrani sudah ada sekitar 2000an tahun yang lalu. Gak masuk akal kalo kami yang ngikutin kalian!"
-

C : "Hehehe...apalagi agama saya (Hindu). Agama kami lebih dulu dari agama kalian. Agama kami sudah ada sejak 2500 tahun sebelum masehi, jadi sudah ada sekitar 4500 tahun yang lalu. Sedangkan di Indonesia, agama kami lah yang paling tua dan pertama. Gak masuk akal kalo kami yang malah mengikuti agama kalian, apalagi yang namanya Islam kejawen, mirip abis dengan kami...hehehe."
-

A : "Betul...betul...betul...Belum lagi kalian sebagian umat islam banyak yang berpartisipasi merayakan hari perayaan agama kami, seperti Tahun Baru Masehi, Hari Valentine,Hari Ulang Tahun, Hari Hallowen, Hari April Mop, hari Ibu, dll...dll..dll..."
-

B : (garuk2 kepalanya yang sedang tidak gatal)...
-------

Ditengah percakapan munculah seorang muslim ahlus sunnah....

D (orang Muslim Ahlus Sunnah) : "Ambil semua acara2 kalian, kami tidak butuh acara2 seperti itu. Karena kami sudah punya acara sendiri yang tidak mengikuti agama2 kalian. Dan acara2 seperti itu tidak pernah dilakukan oleh orang Muslim yang berada diatas Sunnah seperti kami ini, insya Allah. Dalam jama'ah kami (yaitu Ahlus Sunnah), tidak ada perayaan Maulid Nabi, perayaan Isra Mi'raj, perayaan Tahun Baru Hijriyah, perayaan nujuh bulan, Selamatan Kematian....., dll itu...."
-

A & C : "Lho...kalian B dan D khan sama2 muslim, koq saling berbeda? Yang B merayakan acara2 itu sedangkan yang D tidak merayakan? Aneh sekali, satu agama tapi beda2."
-

D : "Kenapa kalian heran dengan kami? Bukankah kalian sendiri juga memiliki banyak perbedaan dan perpecahan? Agama Nasrani memiliki banyak sekte, seperti Protestan, Katholik, Advent, dll. Bahkan dalam agama kami disebutkan bahwa kaum Nasrani terpecah belah menjadi 72 golongan. Begitu juga dengan agama Hindu yang memiliki banyak sekte dan juga warna (kasta). Tidakkah kalian tahu tentang itu? Sedangkan agama Islam mmg terpecah belah menjadi 73 golongan, semuanya di neraka kecuali 1 yaitu Al Jamaah (Ahlus Sunnah wal Jamaah). Jadi, menurut pemahaman kami sebagai Ahlus Sunnah, kami tidak boleh tasyabbuh (mengikuti) orang2 kafir dalam ciri khas mereka, tatacara peribadatan mereka.,, seperti acara2 yang kalian sebutkan tadi. Camka ini : Bahwa islam adalah agama yang sempurna, tidak butuh penambahan, apalagi dalam hal ibadah, apalgi sampai ikut2an agamanya kaum kafir. Maka itu al jamaah kami tidak pernah melakukan dan mengadakan acara2 seperti itu. Jika ada sebagian dari kaum muslimin yang melakukan atau mengadakan acara2 itu, maka itu adalah oknum saja, atau karena ketidaktahuannya akan hal itu."
-

A & C : "Kami juga tahu itu semua. Hanya saja tadi kami ingin mengetest si B, apakah dia punya alasan tentang itu? Rupanya dia tidak punya alasan dan dalilnya... Ternyata cuma ikut2an saja."
-

B : "Hmmmm...berarti saya ini oknum ya? kalo begitu saya tidak mau jadi oknum lagi ah...saya mau ngikutin si D aja, biar gak jadi oknum!!!"
-

D : "Hmmm juga...kamu masih jadi oknum akhi, karena kamu masih ikut2an, yaitu ngikutin saya."
-

B : "Berarti saya harus ngikutin siapa donk?"
-

D : "Biar kamu gak jadi oknum, kamu harus ngikutin Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam beserta para sahabat2nya. Dalam ibadah harus sesuai tuntunan, jangalah hanya ikut2an saja. Jika ada perselisihan diantara kaum muslimin, maka kita kembalikan pada Ql Qur'an dan sunnah..., jangan dikembalikan pada kelompok tertentu... Insya Allah kamu akan menjadi seorang Ahlus Sunnah sejati. Dan untuk mewujudkan itusemua, maka hendaknya kamu menuntut ilmu syar'i dengan benar, dari sumber yang benar, sebab berilmu itu sebelum berkata dan beramal".

******

Simulasi ini sama sekali tidak ada maksud untuk memojokkan pribadi ataupun kelompok tertentu..., Ini hanya sekedar nasehat agar kita semua menghindari ikut2an tatacara ibadahnya agama lain.... Dan agar dalam beribadah kita selalu berdasarkan tuntunan yang shahih.

Semoga simulasi percakapan sederhana ada manfaatnya...., Ingatlah : Bahwa kebenaran itu pastilah datangnya dari Allah, dan kekhilafan dan ketergelinciran itu dari manusia... Maka dari itu : Ambilah yang baik dan benar saja dari tulisan ini....., Dan tinggalkan semua yang tidak cocok dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Wallahu A'lam.

Dikala Senja Membelai Asmara

Diposting oleh Arifin27 pada 12:59, 15-Okt-12  •  Komentar (0)

            Angin bertiup kencang, mengiring ombak-ombak kecil datang silih berganti, bergulir lembut dan tanpa henti. Tak satupun daripohon-pohon bakau yang terlihat menggoyangkan daun-daunnya. Udara tetap dingin, daratan juga lembab, awan-awan kelabu menyelubungi permukaan langit, hanya ada beberapa cercah cahaya matahari yang akan pergi ketempa peristirahatan.             Aku duduk diatas bebatuan yang sengaja ditata rapi ditepi laut. Melayangkan pandanganku ke penjuru buana.... [Baca selengkapnya]

...KETULUSAN CINTA YANG LUAR BIASA ...

Diposting oleh Arifin27 pada 13:16, 08-Okt-12  •  Komentar (0)

ThumbnailBismillahir-Rahmaanir-Rahim ...  Eko Pratomo Suyatno, namanya sering muncul di koran, televisi, di buku-buku investasi dan keuangan. Dialah salah seorang dibalik kemajuan industri Reksadana di Indonesia dan juga direktur dari Fortis Asset Management yang sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan Investment. Dalam posisinya seperti sekar ang ini, boleh jadi kita beranggapan bahwa pria ini pasti super sibuk dengan segudang jadwal padat. Tapi dalam... [Baca selengkapnya]

Masyaallah... "Danau di atas Danau"

Diposting oleh Arifin27 pada 14:33, 01-Okt-12  •  Komentar (0)

ThumbnailPemandangan yang tak biasa ada di Kepulauan Faroe, Denmark. Bayangkan saja, di sini terdapat sebuah danau yang berada di atas danau lainnya. Kok bisa, ya? Jika traveling ke Denmark, coba sempatkan u ntuk mampir ke Faroe. Ya, kepulauan ini adalah salah satu tempat cantik di dunia yang juga dikenal dengan pemandangannya yang mirip suatu tempat di negeri dongeng. Pulau ini berada di... [Baca selengkapnya]